Oleh: ipfsentral | 2 Juli 2009

Keluarkan Ekspresimu Di Rihlah IPF @X-Urang


Alhamdulillah….ucapan itu yang sepantasnya keluar terucap dari lubuk hati yang paling dalam. Satu lagi, salah satu program IPF yang telah direncanakan telah terlaksana. Rihlah IPF ini merupakan program yang telah jauh-jauh hari direncanakan dan diprogram oleh PSDM IPF. aku2Acara ini diolah saudara Juli Hartowo sebagai Manager dan mitra kerjanya Hayu Muslimah serta Dewi Aryani Priatna sebagai asisten manager.

aku2

Rihlah IPF ini

dilaksanakan atas landasan kekeluargaan. Dalam keluarga sudah selayaknya saling mengetahui antar anggotanya, begitu juga keluarga IPF. Keluarga berisi anggota lama dan anggota yang baru lahir istilahnya. Rihlah ini mempunyai target meningkatkan ukhuwah antar anggota keluarga IPF. Amat disayangkan kalau dalam suatu keluarga tidak saling mengetahui dan mengerti satu sama yang lain.

aku2

Hal ini akan menyebabkan kerenggangan ikatan/ukhuwah yang ada dalam suatu keluarga.

Tercapainya target rihlah ini bisa diukur dengan parameter aktifnya para peserta berkomunikasi sesama anggota. Peserta IPF merupakan orang-orang pilihan di lingkungannya. Mereka merupakan aktivis-aktivis, baik aktivis dakwah kampus, aktivis kemahasiswaan eksekutif/legislative, maupun aktivis kampus lainya seperti jadi aktivis asisten dosen, aktivis social dan lain-lain. Oleh karena itu, sangatlah relevan, sangatlah pas acara rihlah ini dilaksanakan. Sebagai mahluk kita mempunyai fisik atau badan dan fikiran. Badan memiliki hak-hak yang harus ditunaikan seperti makan, istirahat, tidur dan lain-lain. Fikiran juga mempunyai titik jenuh dan kebosanan melakukan aktivitas kesibukan sehari-hari, maka perlu adanya suatu kegiatan yang harus ditunaikan untuk refreshing.

Jauh-jauh hari perencanaan rihlah IPF ini telah dipersiapkan dan diberitahukan. Namun sayangnya, tetap saja ada anggota yang tidak dapat hadir mengikuti acara ini. Hal ini bisa dimaklumi. Sebenarnya mereka juga ingin ikut acara rihlah, tapi mereka terhalang oleh suatu kewajiban yang tidak dapat ditinggalkan. Semoga mereka tidak kecewa…..:)

Acara dimulai dengan berkumpulnya peserta di Maskam. Ternyata hambatan dan ujian datang menimpa peserta ada yang siap berangkat tetapi motornya malah mogok (Brian, Amir). Alhamdulillah ada peserta lain yang berbaik hati (Yustina) untuk meminjamkan motornya. Alkisah, berangkatlah kami bermotor menuju medan perjuangan setelah sebelumnya berdoa memohon keselamatan kepada-NYA.

Sembilan motor berjalan beriringan mendaki jalan yang menanjak. Dari maskam 7motor dijalan sudah ada kafilah yang menunggu untuk bergabung (Yudis) serta mujahidah kita ( Dewi & Hayu) membawa amunisi pertempuran nantinya. Sesuai jadwal pukul tengah 9 kita sudah sampai di lokasi. Kita dapat kehormatan tempat parkir luas banget, sebab belum ada yang parker duluan….hehehe😀 X-Urang kami daataang….aku2

Acarapun dimulailah dengan agenda pertamanya yaitu coffe break tanpa kopi, snack tanpa smok, and diteruskan acara leha-leha. Hm…ternyata banyak diantara peserta yang telah jauh-jauh jam mengosongkan perutnya. Dasar Anak KOS! Ini terbukti dengan 90% peserta akhirnya memilih makan nasi sebagai menu sarapannya pagi ini. Jadilah ajang makan pagi dimulai bersama dengan menu yang wenak dan tak kalah nikmat, kami makan bersama penuh rahmat.aku2

Setelah acara makan, minum, nyemil, saatnya leha-leha. Setiap peserta dibolehkan duduk dalam PW ( posisi wenak). Sesama anggota keluarga harus kenal dengan anggota yang lain. Oleh karena itu, saatnya kita buktikan. Setiap peserta harus mengetahui nama lengkap, nama panggilan, jurusan, asal, alamat, saudara, kejadian yang menarik dari setiap teman di sebelah kanan dan kirinya. Hwaha…lucu juga mereka, ternyata benar2 perlu acara ini, coz mereka g pada kenal, ampe2 mreka saling tukaran KTP. Setelah itu mereka berhitung 1,2,3 untuk membentuk kelompok sesuai nomor yang jatuh kepada mereka. Ternyata juga ada saja diantara kelompok ini mereka yang belum kenal. Hwhaha…ketahuan looo

Ada siapa saja mereka yang dapat kehormatan untuk bias hadir diacara rihlah ini? Mereka adalah : 1. Juli Hartowo (coordinator Acara)

2. Wikantioso (directur eksekutif)

3. M. Adhi Fibrian (manager PSDM)

4. Heru Ardian S

5. Edi Nugroho

6. Yudistiro A N

7. Panji S D

8. Amirudin

9. sungkowo

10. Reza Y

Itu mereka peserta dari kaum Adam, sedangkan untuk kaum Hawanya adalah :aku2

1.Dewi Aryani Priatna (panitia)

2.Hayu Muslimah (panitia)

3.Indah Wulansari

4.Yustina Rusnawati

5.Utari Dwi Astuti

6.Fenti Nur Evida

Kita rihlah menikmati indahnya alam. Tak lupa akan keagungan Tuhan sang Pencipta. Ada tugas tambahan mengahafal Surat AR-Rahman ayat 17-21. Sungguh Maha Benar Allah dengan segala firmanNya.aku2

Acarapun dilanjutkan dengan berjalan menyurusi jalan berbatu menuju hutan. Di jalan kami mengobrol kesana kemari, dari hidup sehari-hari sampai politik Negara kita. Tak lupa kami bersama-sama mengahafl surat yang telah ditugaskan tadi.

Sampailah pada tempat yang cocok buat istirahat dan bermain gamez. Gamez pertama dicobakan, dengan bahan kertas, bagaimana caranya bias membuat lingkaran yang mampu menampung 5 orang sekaligus. Dibagilah 3 kelompok masing-masing 5 peserta. Pemenangnya adalah kelompok wanita. Wah…ternyata para pria kalah cepat dan gesit. Hayo..ngaku klo kalah…kata mereka(pria2) biarlah kita ngalah…Aq Bahgia melihat wanita menang dan tertawa senang :P…Alasan!

Game selanjutnya adalah lomba makan kerupuk. Rame banget pertama harus berbaris sejajar rapi, selanjutnya setelah ada aba-aba balapan berlari mencari mangsa. Hayo ngaku siapa yang makan krupuk terbanyak…Terbang nanti kamu…!aku2Selanjutnya acaranya makan siang. Ada yang dobel boleh, makan snack dobel boleh. Oke-oke ajah. Setelah puas makan siang, giliran Bang Brian kasih kultum (kuliah terserah antum). Isinya membahas penafsiran yang berbeda dari keluarga Rasulullah tentang Cangkir yang cantik, Madu yang manis, dan rambut yang kecil. Kalian tauw…?

Setelah dirasa cukup permainanya. Waktu dzuhurpun telah datang. Kami memutuskan untuk kembali ke bawah menunaikan kewajiban. Sesampainya di masjid kami mengantri mengambil air wudlu. Cez…segar dingin rasanya air ini. Subhanallah badan yang tadinya Rihlah (perih,letih,dan lelah) kini jadi segar kembali. Sholat berjama’ah telah dilaksanakan dengan imam Akhi Edi. Selanjutnya acara penting kita, yaitu sosialisasi surat kontrak dan diskusi IPF kedepan yang dipandu oleh saudara Wikan.

Pukul 14.00 Wib telah tiba, saatnya kami para pejuang untuk kembali kehabitat dengan rasa puas dan penuh kemenangan. Sayonara X-Urang. Sampai jumpa, sampai ketemu lagi disuasana hati yang lebih berbahagia. Selamat berjuang kembali wahai saudara IPFku. Hadapi semua aral melintang, maju terus , pantang mundur. Jangan lupa tanggal 1 Juli ketemu Bu Dr Siti Syamsiah, sekaligus tanda tangan kontrak dan terima honor bulan Juni. InsyaAlloh.Terimakasih Saya sampaikan dengan setulus hati kepada saudari rekan kerja Dewi dan Hayu atas kerjasamanya selama program rihlah ini.

Salam Hangat untuk semua. :D  JOJO


Responses

  1. Hm..sungguh petualangan yang mendebarkan….! iya ga ci…hehe…
    Moga ukhuwah kita terjalin kuat walau lekang termakan waktu dan jarak yang memisahkan kita kelak….ceile..kaya mo kemana ajah neh……

    Ayo..arek2 besok rihlah lagi mau g..? gratis…..!!!

    • Hah..iya mendebarkan banget…
      Apalagi saat mengantri di toilet….sungguh X-Urang dingin bikin g kuku….Mahal lagi bayarnya…
      G lagi2 ah….
      Tapi klo di ajakin Rihlah ketempat lain,…Gratis…Mana kuat aku menolaknya..hehe…

      Ni anak2 yang mo pada KKN dah siap bawa apa ajah…?
      Jangan lupa bawa Amunisi yang banyak yaw….
      Selamat berjuang saudaraku semua….
      Kita tetap bisa berkomunikasi lewat dunia maya…..InsyaAlloh

  2. subhanallah…luar biasa ….
    “maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan”…
    para pejuang dalam risalah panjang ini…teruslah bergerak hingga kelelahan itu lelah mengikutimu….teruslah berlari hingga kebosanan itu bosan mengejarmu…teruslah berjalan hingga keletihan itu letih bersamamu…teruslah bertahan hingga kefuturan itu futur menyertaimu…tetaplah berjaga hingga kelesuan itu lesu menemanimu….
    semangat…….

  3. Alhamdulillah…Allohu AKbar….
    Sungguh! seandainya pohon-pohon dijadikan pena dan air laut dijadikan tintanya maka tidak akan sanggup untuk menuliskan betapa besar nikmat yang Alloh berikan kepada hambaNya….
    {Maaf Indah, saya copy tulisanmu di atas yak…}

    “maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan”…Demikianlah firman Alloh sampai diulang banyak kali…

    Jadi ingat tugas hafalan rihlah kemarin….Sudahkah kita bersyukur hari ini..?

    Oya teman2..btw kapan neh kita rihlah lagi…?
    katanya mo ke Pare..ada yang taw?.

  4. Dan jawablah teguran Allah itu dengan mengucapkan mengucapkan: Lâ bisyay-in min âlâika Rabbî akdzibu (tidak ada satu pun nikmat-Mu, duhai Tuhanku, yang aku dustakan).

    salam kenal

    To @Hanif :Terimakasih jawabanya…eh maksud kami juga terimakasih atas kunjungan saudara pada blog ini.
    semoga anda berkenan sering2 mengasih komentar disini….SAlam kenal juga maz Arif

  5. asw..semoga rihlah (perih dan lelah) kita bisa mempererat ukhuwah sesama anggota ipf
    Mari kita dukung terus…
    Lanjutkan! [)!(]

    to @Panji : Wa’alaikumsalam….
    Makaci…sekali atas support dan semangatnya persatuan kita….ni Panji Laras ato Panji si Bolang…hwhehe…
    Besok bentar lagi pilpres lo…Ni bukan ajang kampanye lo….Tapi bolehlah kita lanjutkan….!!!
    tetap smagt..ditunggu koment2 yang lain..ayo pada gabung!!!

  6. ayo rihlah lagi, gimana kalau ke Bandung?

    • hwaha…Siapakah dia sang pemimpi…?
      Udah siang oei..bangun….
      jalani hidup yang nyata…jagan hanya mimpi..
      piss..akh…

  7. Wahai Sang Pemimpi…
    mau Rihlah ke Bandung?…okeh
    Besok bareng aku yaw..biz lebaran…
    mau…
    segera hubungi aku yaw…

    teman2 IPF kita jadi pergi ke Pare g?…kapan yaw..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: