Oleh: ipfsentral | 3 Juni 2009

Konsep Program Pembinaan


Indonesia Profesional Foundation Tahun 2009
Sesuai dengan Visi Indonesia Profesional Foundation (IPF) yakni melahirkan sumberdaya manusia profesional di masa depan, maka IPF bertanggungjawab untuk mewujudkan visi tersebut dengan cara melakukan program-program pembinaan dan pengembangan sumberdaya manusia penerima beasiswa IPF dan mempersiapkan para alumni IPF agar mampu berguna bagi bangsa dan negara sebagai SDM berkualitas.
Oleh karena itu, IPF sebagai institusi yang berkomitmen menciptakan SDM yang berkualitas memiliki konsep pembinaan secara garis besar sebagai berikut :

aku2

Human Development Program (HDP)

* Tujuan dari HDP ialah membangun mental para peserta IPF untuk memanfaatkan potensi besar dalam diri mereka yaitu inteligent quotient, emosional quotient, dan spiritual quotient (IESQ), melalui pemahaman IESQ. Dan para peserta juga diberikan kepahaman tentang social quotient (kecerdasan social) sehingga perpaduan antara IESQ dan SQ akan menciptakan SDM yang tidak hanya unggul dalam pribadi tetapi juga unggul dalam interaksi sosial.

* HDP juga membangun jiwa kepemimpinan peserta melalui penanaman nilai-nilai kepemimpinan baik secara teori maupun praktek yang kami sebut sebagai leadership development training.

* HDP akan membangun SDM IPF yang mempunyai pemahaman dan basic skill management yang baik meliputi planing, organizing, directing, dan controlling.

Life Skill Program (LSP)

Jika pada HDP peserta dipersiapkan agar memiliki mental sebagai individu unggulan maka pada LSP para peserta dibekali dengan pelatihan-pelatihan basic life skill yang harus dimiliki oleh setiap individu secara umum dengan demikian profesi apapun yang nantinya akan ditempuh tetap membutuhkan basic life skill yakni :

* soft skill ; yaitu kemampuan non-teknis lebih detailnya “Soft skills is a sociological term which refers to the cluster of personality traits, social graces, facility with language, personal habits, friendliness, and optimism that mark people to varying degrees. Soft skills complement hard skills, which are the technical requirements of a job” misalnya kepiawaian berbicara dan bahasa, kemampuan berkomunikasi, dsb

* hard skill ; yaitu kemampuan menggunakan sesuatu yang memang dibutuhkan (kemampuan teknis) yang mencerminkan pengetahuan dan keterampilan serta . misalnya kemahiran menggunakan software seperti microsoft office, kemampuan speed reading dsb.“Soft skills is a sociological term which refers to the cluster of personality traits, social graces, facility with language, personal habits, friendliness, and optimism that mark people to varying degrees. Soft skills complement hard skills, which are the technical requirements of a job”

Career Mapping Program (CMP)

Career Mapping Program yaitu program yang mempersiapkan dan membina peserta IPF untuk memasuki dunia pasca kampus dan meniti karir sesuai yang dicita-citakannya. Sehingga dengan adanya CMP ini peserta IPF mampu mem-planing rencana karir setelah lulus dari kampus. Secara garis besar karir terbagi menjadi dua yaitu menjadi pegawai dan menjadi entrepreneur. Maka pada program CMP ini IPF memfokuskan pada dua career mapping training:

* Job Preparation Training (JPT) ; JPT akan memperkenalkan peserta IPF pada dunia kerja dan membimbing mereka bagaimana memasuki dunia kerja. Sehingga bagi peserta yang berorientasi setelah lulus langsung melamar kerja ke perusahaan atau instansi pemerintah diharapkan akan lebih siap dalam menghadapi persaingan memperebutkan posisi pada pekerjaan dan posisi yang diinginkan.

* Entrepreneur Knowledge (EK) ; melalui program EK peserta IPF akan dibina agar memiliki jiwa dan basic skill entrepreneur. Sehingga bagi mereka yang memiliki keinginan pasca kampus bercita-cita menjadi seorang entrepreneur diharapkan di masa depan akan menjadi entrepreneur yang profesional.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: